Umur bukan Jaminan Dewasa

Posted: 10 Januari 2011 by Smile of you :) in serba-serbi, Uncategorized

Arti Usia 18, percaya gak sih?? Usia 18 suka dibilang sebagai angka keramat. Pasalnya, ukuran dewasa seseorang suka diidentikkan dengan umur 18 trus bemana dengan umur yang 21 tahun😀 hi-hi-hiii

Dr.Boyke Dian Nugraha,SpOG MARS DEWASA = PSIKOLOGIS + FISIK


Yap…yap.. dari namanya sudah gak asing lagi kan,, apalagi tiap malam senin Dr.Boyke selalu ada di acara Venus FM buat berbagi informasi seputar gitu gitu.,, hahaha so,pasti kalian dah kenal😛 . Menurut dokter yang punya klinik di daerah Tabet barat ini, secara medis seseorang dikatakan dewasa waktu dia berusia di atas 21 tahun. Soalnya saat itu kita telah melalui masa pubertas. Yang dimana katanya secara kepribadian sudah matang.

Bila fungsi fisikmu sudah teratur, kamu bisa dibilang dewasa, sudah bisa menjalankan fungsi reproduksi dengan baik. Tapi ada juga sih beberapa anak-anak di atas usia 21 tahun yang belum dewasa. Tapi itu sih pengecualian saja.

“Dari segi medis dewasa itu harus mencakup kematangan tiga aspek, yaitu fisik,psikis, dan sosial. Dari segi fisik, fungsi reproduksinya sudah matang, dari segi psikis,dia sudah mampu mengendalikan emosinya,dan dari segi sosial, dia dapat berinteraksi,dapat memecahkan persoalan dengan baik persoalan pribadi maupun yang bersifat publik,dia dapat mengaktualisasikan diri, dan hal-hal semacamnya.”jawabnya

Menurut beliau, bila sudah dewasa kita harus bisa memisahkan persoalan-persoalan pribadi dan yang menyangkut orang lain. Kemudia lebih bijaksana dalam menata persoalan-persoalan tersebut. Dan mesti juga bisa menerima konsekuen dengan segala keputusanmu “usia 17 tahun dan 18 tahun itu memang sudah dewasa, tapi baru dewasa secara fisik,” tutur Dr.Boyke

Komentar
  1. Picture of you mengatakan:

    sy masih 16 T.T tp memang sih sy masih polos. . . Jd jgn kotori sy😆

  2. Smile of you :) mengatakan:

    jiahhh.,.,.,., bentar lagi juga 17 fi saeng,, haha :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s